Ilustrasi balap sepeda
BEIJING, Kompas.com - China akan menjadi negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah ajang balap sepeda peleton elit dunia menyusul ditandatanganinya kesepakatan penyelenggaraan Lomba Balap Sepeda Tour of Beijing oleh wakil pemerintah kota Beijing dengan Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI) di London, Rabu waktu setempat (Kamis WIB)      
Menurut laman resmi Federasi Balap Sepeda dunia itu (www.uci.ch) Tour of Beijing akan diadakan untuk pertama kalinya pada Oktober 2011 dan selama empat tahun ke depan akan dimasukkan sebagai salah satu even dalam kalender Tur Balap Sepeda Dunia yang diadakan oleh UCI.
Presiden UCI Pat McQuaid dalam sambutannya mengatakan bahwa Tour of Beijing merupakan langkah besar dalam kebijakan UCI untuk memasyarakatkan olah raga balap sepeda di dunia internasional.
"Sebagaimana halnya dengan negara-negara lain di benua ini, China telah dengan cepat berkembang menjadi kekuatan yang diperhitungkan dalam dunia balap sepeda, dan kami sangat-sangat puas karena berhasil mencapai kesepakatan ini," kata McQuaid.      "Saya yakin keahlian UCI dalam menyelenggarakan sebuah ajang balapan dan antuasiasme China akan mampu membuat program ini menjadi berhasil," tambah McQuaid.
Tahapan balapan di China ini diadakan menyusul dimasukkannya "Tour Down Under" Australia ke dalam kalender balap sepeda para pembalap elit profesional ProTour pada 2008 dan dua even balap sepeda di Kanada, GP Quebec dan GP Montreal tahun lalu.
Balapan ProTour dan balapan Historis di Kanada itu kemudian digabungkan ke dalam sebuah kalender tur dunia yang disebut WorldTour 2011.
Tour of Beijing ini akan menjadi seri balap terakhir WorldTour tersebut, dan enam hari kemudian, tepatnya pada 15 Oktober akan diadakan balapan terakhir musim balap sepeda tahun ini, yaitu balapan satu hari Giro di Lombardia di Italia.
Reaksi: