Siswa Indonesia Raih Medali Emas Olimpiade Biologiipoerteladan.blogspot.com


Tim Indonesia yang mengikuti International Biology Olympiad (Olimpiade Biologi Internasional – IBO) ke-20 pada 12-18 Juli 2009 di Tsukuba, Jepang, berhasil meraih satu medali emas. Departemen Luar Negeri RI melalui siaran pers di Jakarta, Senin (20/1), menyebutkan medali emas itu disumbang Anugerah Erlaut, siswa kelas XII, SMA Kharisma Bangsa, Tangerang.
Dalam olimpiade yang diselenggarakan bertepatan perayaan 200 tahun Charles Darwin dan 150 tahun publikasi The Origin of Spesies itu, tim Indonesia juga meraih satu medali perak dan satu medali perunggu, masing-masing diraih oleh Irfan Haris siswa kelas X, SMAN 1 Pringsewu, Lampung dan Elbert Wijaya siswa kelas XII, SMANK 1 Penabur Jakarta.
Tim Olimpiade Fisika Indonesia Berhasil Pertahankan Emas


Tim Olimpiae Fisika Indonesia (TOFI) berhasil mempertahankan medali emas dalam kejuaraan International Physics Olympiad (IPHO) ke-40 di Merida Yucatan Mexico pada 12-19 Juli 2009.
“Kami tidak menemukan kendala karena soal tahun ini lebih mudah dibandingkan tahun lalu,” ujar peraih medali emas IPHO ke-40 di Meksiko, Fernaldo Richtia Winnerdy, ketika tiba di Bandara Soekarno-Hatta, di Jakarta, Rabu petang.
Gondol Imagine Cup Lagi, ITB Juara Dunia


Satu lagi prestasi Indonesia di kancah internasional! Tim ‘Big Bang’ ITB menjuarai Imagine Cup 2009 yang digelar oleh Microsoft pada final 3 – 7 Juli 2009 lalu di Kairo, Mesir. Tim Brazil dan Kroasia menyusul di tempat kedua dan ketiga.
Kemenangan tersebut setelah tim ‘Big Bang’ ITB masuk ke babak final untuk berlaga di kategori utama, yaitu desain software. Demikian pengumuman tersebut disampaikan oleh Manajer Public Relation PT Microsoft Indonesia, Mona Moningka, di Jakarta, Jumat (10/7).
Suryo Agung Rebut Dua Emas di Vietnam

Pelari jarak pendek asal Jawa Tengah, Suryo Agung Wibowo berhasil meraih dua medali emas pada Kejuaraan Atletik Vietnam Open, 11-12 Juli 2009.
Suryo Agung ketika dihubungi dari Semarang, Selasa, mengatakan, dua emas tersebut didapat dari nomor lari 100 meter dengan catatan waktu 10,38 detik dan 4X100 meter estafet beregu putra dengan catatan waktu 40,43 detik.
Pelari kelahiran Kecamatan Banjarsari Solo tersebut mengakui, dengan catatan waktu tersebut terutama untuk nomor spesialisnya lari 100 meter memang belum mampu mendekati catatan waktu terbaik yang dicatat pada SEA Games 2007 Thailand, yaitu 10.25 detik.
Mahasiswa UI Runner Up Kejuaraan Hukum Asia–Pasifik
IMLAM2009
Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) yang tergabung dalam the International Law Moot Court Society (ILMS) meraih juara dua (runner up) dalam International Maritime Law Arbitration Moot 2009 yang diselenggarakan di Brisbane, Australia.
Tim FH UI diwakili Titis Lintang Andari (2005), Camelia Simbolon (2005), Bintang Taufiq Hidayanto (2006), Sasha Izni (2007), dan Muhammad Subarkah 2008 dengan pelatih Miranda Anwar, S.H.

Agustus

Laskar Pelangi Meraih Golden Butterfly Award di Iran


Sekali lagi, Laskar Pelangi mendapatkan respons positif di dunia internasional.
Iran, negeri yang banyak menghasilkan film bermutu dengan bintang anak-anak, terpukau menyaksikan Laskar Pelangi. Film yang disutradarai oleh Riri Riza itu baru saja memenangkan penghargaan The Golden Butterfly Award untuk kategori film terbaik di Internasional Festival of Films for Children and Young Adults di Hamedan, Iran.
“Senang rasanya, tapi sayang pihak kami tidak ada yang ke sana karena lagi syuting Sang Pemimpi,” ujar Mira.
Satu Medali Emas, Kado HUT RI

Pebalap sepeda putri Indonesia, Santia Tri Kusuma, meraih medali emas nomor Omnium Kejuaraan Balap Sepeda Asia 2009, Minggu (16/8), sekaligus menghadiahkan kado manis bagi HUT Proklamasi Kemerdekaan RI. Di lintasan Velodrom Tenggarong, Kalimantan Timur, yang sepi, Santia menyumbang satu emas di tengah persiapan yang terbatas.
Nilai akumulasi Santia di Omnium, yakni 11, mengalahkan dua pesaing utamanya. Mereka adalah Sutharat Bunsarat (Thailand) yang meraih perak dengan 12 angka dan pebalap Taiwan, Hsiao Mei Yu, yang mendapat 15 angka.
Johansen Samsoedin, Wakil RI di International Young Creative Entrepreneur

Desain arsitektur “Paddybox” besutan Johansen Samsoedin memenangi design award 2009 di ajang International Young Creative Entrepreneur. Atas kemenangan ini Johan akan mewakili RI di ajang serupa tingkat dunia di London.
Dalam pengumuman pemenang yang berlangsung di Rasuna Epicentrum Marketing
Gallery, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis malam (6/8/2009), Johan dengan desain arsitekturnya itu menyisihkan 9 finalis lainnya yang juga menyajikan desain kreatif yang tak kalah menarik yang memenuhi unsur ramah lingkungan dan bervisi sosial kemasyarakatan.

Oktober

Paduan Suara Indonesia Raih 3 Emas di Italia

Paduan Suara Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (PSM-IPB), Agria Swara dan Paduan Suara Mahasiswa Perbanas meraih medali emas pada kompetisi paduan suara internasional yang berlangsung simultan di dua kota Italia, Rimini dan Rival Del Garda, Senin.
Agria Swara, PSM-IPB meraih medali emas dari Presiden Italia setelah merebut juara satu umum dalam grand final Kompetisi Paduan Suara Internasional ke-3 di kota Rimini, kota wisata pantai sekitar 350 km dari Roma.
Counsellor Pensobud KBRI Roma Musurifun Lajawa kepada koresponden Antara London, Selasa mengatakan selain itu Agria Swara meraih medali emas kategori campuran (mixed choir).

November

Rio Haryanto Rebut Juara Umum Formula BMW Pacific 2009

Rio Haryanto merebut gelar juara umum Formula BMW Pacific 2009 . Ia finis kedua pada race kedua di Sirkuit Okayama, Jepang, Minggu (1/11).
Akibat hujan, start race kedua dilakukan dengan dipimpin safety car. Rio start dari posisi kedua, sedangkan musuh utamanya dalam perebutan gelar juara umum, Gary Thompson asal Australia, memulai lomba dari tempat ketiga. Posisi pole dihuni pebalap tamu, Facu Regalia asal Spanyol. Ia selama ini mengikuti Formula BMW di kawasan Eropa.
Sebelum race kedua, Rio mendapat poin maksimal 20 dalam race pertama, Sabtu pekan lalu. Kemenangan diraih Regalia, tetapi karena berstatus pebalap tamu, Regalia tidak berhak atas poin maksimal itu. Thompson finis ketiga dalam race pertama dan mendapat poin 15.
Reza Tembus Babak Final Swedish Idol 2009


Reza Ningtyas, 28 th, asal Jakarta berhasil masuk 5 besar finalis Swedish Idol 2009. Penampilan terbaik Reza membawakan New York New York (Liza Minelli, 1977) meledakkan standing ovation.
Nama Reza, seorang warga negara Indonesia yang tinggal di Lund, kota kecil berpenduduk 100.000 jiwa di belahan selatan Swedia, dalam beberapa minggu terakhir menyedot perhatian publik dan berbagai media massa Swedia.

Desember

Pelukis Bocah Indonesia Terima Penghargaan

Direktur Galeri dan Pusat Seni Anak di Torun, Dariusz Delik, menyerahkan piagam dan hadiah untuk Kevin Salim,(10) pemenang festival International Children`s and Youth`s Art bertema “Always Green, Always Blue” di Torun, Polandia.
Ketua Dewan Juri XV International Children`s and Youth`s Art competition menyerahkan hadiah untuk bocah berusia 10 tahun kepada Dubes RI untuk Warsawa,Polandia , Hazairin Pohan yang selanjutnya dikirimkan ke Indonesia, ujar Counsellor Any Muryani kepada koresponden Antara London,Rabu.
Lain – Lain :
Sembilan Orang Indonesia menjadi Nominator Asia’s Best Young Entrepreneur 2009

Majalah Business Week menggelar Asia’s Best Young Entrepreneurs 2009 untuk memilih pengusaha-pengusaha muda kreatif di Asia. Walaupun tak menempati urutan pertama, sangat membanggakan bahwa Indonesia memiliki kandidat terbanyak dari 25 orang yang dinominasikan. Indonesia memiliki 9 nominator dan merupakan Negara terbanyak yang masuk dalam nominasi disamping Negara Asia lainnya Singapura (5 nominator), Hongkong (2 nominator), China (2 nominator), Korea Selatan (2 nominator), Thailand (2 nominator), India (1 nominator), Jepang (1 nominator), Taiwan (1 nominator) dan Hong Kong (1 nominator)